Kamis, 27 Oktober 2011

1,14 Juta Calhaj dari Berbagai Negara Telah Tiba di Tanah Suci

Jumat, 28 Oktober 2011 - 6:34 WIB
|
MADINAH (Pos Kota) – Jumlah calon jamaah haji yang telah tiba di Tanah Suci, Arab Saudi dari berbagai negara mencapai 1,14 juta. Data ini menurut Departemen Paspor Saudi pada hari Selasa (25/10/2011). Ditambah kedatangan hari Rabu dan Kamis, tentunya jumlah itu lebih besar lagi. Dari 1,14 juta jamaah itu, sebanyak 1,08 juta jamaah datang lewat udara; 46.192 orang lewat darat dan 10.871 lewat laut. Demikian diberitakan Arab News.

Gubernur Makkah Pangeran Khaled Al-Faisal, yang merupakan ketua Komite Haji Pusat, akan meninjau implementasi proyek vital di tempat-tempat suci untuk memastikan ibadah haji berjalan baik dan nyaman.

Pangeran akan menginspeksi Mashair Railway – monorel yang melintasi Armina – proyek senilai 6,5 miliar riyal. Juga meninjau proyek Jamarat senilai 4,2 miliar riyal, yang semuanya merupakan proyek terpisah dari proyek tempat parkir mobil, ekspansi Arafah, dan pengendalian banjir, di tempat-tempat suci. Pangeran juga akan memimpin rapat Komite Haji Pusat untuk mereview kemajuan dari proyek pembangunan tersebut.

Di lain pihak, Dirjen Keamanan Letjen Saeed Abdullah Al-Qahtani menyatakan bahwa semua departemen keamanan telah menuntaskan persiapan mereka untuk menjamin penyelenggaraan haji yang aman dan nyaman tahun ini.

Sementara itu, jamaah haji gelombang I yang saat ini berada di Madinah, berangsur-angsur menuju Makkah untuk umroh dan menanti puncak haji (wukuf di Arafah) yang diperkirakan jatuh Sabtu, 5 November.

Hari Kamis (27/10), sebanyak 9 kloter diberangkatkan ke Makkah, sedang Jumat esok usai subuhan, 8 kloter menyusul. Setelah itu, tak ada lagi jamaah Indonesia di Madinah, hingga usai puncak haji. Indonesia mendapat kuota haji 221 ribu dan yang telah tiba di Saudi ada di kisaran 170 ribuan.

(mch/syamsir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar