Sabtu, 22 September 2012

Jangan Lupa Banyak Minum dan Matikan Listrik

Bagus Kurniawan - detikNews

Madinah Kesehatan harus dijaga saat menjalankan ibadah haji. Oleh karena itu, jamaah haji Indonesia diminta untuk minum air putih sebanyak-banyak agar tidak dehidrasi.

Pesan tersebut disampaikan Konsul Jenderal RI, Zakaria Anshar saat menyambut kedatangan jamaah haji Indonesia Kloter I di Bandara Amir Mohammad bin Abdul Aziz, Madinah, Sabtu (22/9/2012).

"Banyak-banyak mengkonsumsi air minum untuk menjaga kesehatan selama beribadah di Makkah selesai," kata Zakaria.

Selain itu dia berpesan selama tamu di negeri lain (Arab Saudi-red) agar jamaah menghormati kebiasaan-kebiasaan setempat. Petunjuk dari para pembimbing haji hendaknya juga diikuti dengan baik.

"Selama di sini, konsentrasi untuk beribadah. Jangan lupa matikan listrik saat akan keluar dari pondokan," pintanya.

Dia menambahkan sistem pelayanan jamaah di Bandara Madinah juga lebih baik dibandingkan dengan tahun lalu. Pada tahun sebelumnya, jamaah yang selesai proses pemeriksaan dokumen imigrasi langsung dibawa menuju bis untuk di antar ke pondokan. Sedangkan tahun ini, sebelum menuju bis dan pondokan, jamaah bisa transit beristirahat sejenak di hall berukuran 2 ribu meter persegi yang sejuk.

"Kami berterimakasih pada pemerintah Arab Saudi dengan adanya tempat transit ini," kata Zakaria.

Sementara itu berdasarkan data di Siskohat, 4 Kloter I yang telah tiba di Madinah diantaranya Kloter I (JKS 1) asal Bekasi Karawang, Jawa Barat dan Kloter I (JKG 1) asal Banten, SUB 1 asal Jawa Timur dan BTH 1 Batam.

Rombongan JKS 1 dari 445 jamaah hanya 443 jamaah yang masuk. Sebanyak 2 jamaah gagal berangkat. Sedangkan JKG 1 dari 450 jamaah ada satu orang yang gagal berangkat karena alasan sakit sehingga hanya 449 orang.

Untuk embarkasi Surabaya, SUB 1, seluruh jamaah yang terdaftar sebanyak 444 tiba dengan selamat. Demikian pula dengan embarkasi Batam sebanyak 441 jemaah masuk ke Madinah. Sementara 10 Kloter I lainnya mendarat di Bandara King Abdul Aziz Jeddah di antaranya jamaah asal Palembang, Solo Jawa Tengah, Medan, Aceh, Makasar, Balikpapan dan Lombok.

(bgs/mok)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar