Sabtu, 22 September 2012

Jamaah Indonesia Terbesar dari Kawasan Asia Tenggara

Bagus Kurniawan - detikNews


Jeddah Sekitar 85 persen dari 300 ribu jamaah asal Asia Tenggara didominasi oleh jamaah asal Indonesia. Ini merupakan jamaah terbesar dibandingkan negara lain di Asia Tenggara seperti Malaysia, Brunei maupun Thailand.

"Ada sekitar 300 ribu jamaah yang akan dilayani Muasasah Asia Tenggara. Yang terbesar berasal dari Indonesia sekitar 85 persen," kata Muasasah Asia Tenggara, Zuher Abdul Hamid Sedayu, saat menyambut kedatangan jamaah haji Indonesia di Jeddah.

Menurut dia, seluruh badan-badan yang menangani pelayanan jamaaah haji di Arab Saudi telah siap menerima kedatangan jamaah haji. Sampai saat ini tidak ditemukan hambatan dalam melayani jamaah haji Indonesia karena Muasasah Asia Tenggara.

"Kami sangat memahami keinginan-keinginan jamaah haji Indonesia maupun dari seluruh Asia Tenggara. Jamaah haji Indonesia tidak sulit dilayani," katanya.

Sementara itu Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Gatot Abdullah Mansyur menambahkan sampai saat ini pemerintah Arab Saudi belum bisa memenuhi tambahan kuota haji tahun 2012 untuk pemerintah Indonesia. Hal itu dilakukan karena belum selesainya pembangunan pemondokan di sekitar kota Mekkah. Pemerintah Arab Saudi lebih mempertimbangkan faktor kenyamanan jamaah saat beribadah. Ada sekitar 40 negara yang tidak dipenuhi kuota haji untuk tahun ini.

(bgs/mok)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar