Minggu, 23 September 2012

10 Ribu Jamaah Indonesia Mulai Masuki Madinah

Madinah Sekitar 10 ribu lebih jamaah haji Indonesia mulai memasuki Madinah. Mereka masuk Madinah melalui Bandara King Abdul Aziz Jeddah dan Bandara Amir Mohammad bin Abdul Aziz Madinah.

Saat ini mereka sudah berada di Madinah untuk melakukan ziarah dan salat di Masjid Nabawi, Masjid Quba dan Masjid Qibltain.

Sekitar 10 ribu lebih jamaah itu berasal dari beberapa kloter yang mendarat di Jeddah dan Madinah. Kloter yang tiba melalui Jeddah antara lain kloter Medan Sumatera Utara, Palembang Sumatera Selatan, Solo Jawa Tengah, Balikpapan Kaltim, Lombok, dan Aceh. Sedangkan kloter yang tiba melalui Madinah yaitu Batam Provinsi Kepri, Jawa Timur, Bekasi Jawa Barat, Padang Sumatera Barat, Makasar Sulawesi Selatan, Banten dan Lombok.

"Yang mendarat di Madinah sebanyak 4.859 jamaah," kata Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Madinah, Ahmad Jauhari, di kantor Daker Madinah, Minggu (23/9/2012).

Sementara itu berdasarkan pantauan detikcom di Terminal Hijrah Madinah, jamaah yang tiba dari Jeddah langsung didata di tempat itu sebelum memasuki pemondokan. Di tempat itu terdapat petugas haji Indonesia, Muasasah Adila dan Majmuah yang mengurus pemondokan jamaah selama di Madinah.

"Setelah didata dan dihitung, mereka baru diarahkan menuju pemondokan," kata Jauhari.

Salah satu Kloter yang tiba di terminal hijrah antara lain Kloter SOC 3, rombongan asal Boyolali, Jawa Tengah. Di tempat tersebut, rombongan didata ulang dan beristirahat sejenak sebelum menuju pemondokan.

"Alhamdulillah sudah sampai Madinah setelah mendarat di Jeddah kemudian disambung menggunakan bus. Perjalanan dari Bandara Solo sampai Jeddah sekitar 8 jam. Di bandara juga agak lama," kata Junaidi Imam Gozali (69) warga Boyolali yang berangkat haji bersama istrinya.

(bgs/vit)
http://news.detik.com/read/2012/09/23/140022/2031423/10/10-ribu-jamaah-indonesia-mulai-masuki-madinah?9911012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar