Jumat, 30 September 2011

Jamaah Haji Sedunia Mulai Berdatangan ke Tanah Suci

Jakarta - Suasana Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah lebih semarak dibanding awal pekan ini. Penyebabnya, calon jamaah haji sedunia mulai berdatangan. Asal para jamaah itu bisa dilihat dari atribut yang mencantumkan nama negara mereka.


Laporan media melaporkan, jamaah pertama yang tiba di Jeddah adalah rombongan dari Afrika Selatan pada Rabu (28/9/2011). Esok paginya adalah 450 jamaah dari Malaysia.

Pemandangan di Masjid Nabawi pada Jumat (30/9/2011) menunjukkan, sejumlah jamaah terlihat mengenakan atribut dari Turki, India dan Thailand.

Bagaimana dengan jamaah dari Indonesia? Jamaah negeri kita baru memasuki asrama di masing-masing embarkasi pada 1 Oktober. Baru pada 2 Oktober kloter pertama diberangkatkan ke Saudi. Jamaah gelombang I ini akan tiba di Jeddah, lalu berpindah ke Madinah guna menunaikan salat arbain selama 8 hari.

Pemondokan di Madinah tersedia di 179 hotel. Semuanya terletak di Markaziah, yang berjarak 0-600 meter dari Masjid Nabawi. Dengan demikian, jamaah dengan leluasa bisa sesering mungkin berjalan kaki ke pemondokan - Masjid Nabawi.

Pengamatan detikcom bersama tim Panitia Petugas Haji Indonesia (PPHI) pada Kamis (29/9) petang waktu Arab Saudi menunjukkan, hotel-hotel yang menjadi tempat pemondokan terlihat cukup cantik. Di sekitarnya juga terdapat toko-toko perlengkapan maupun suvenir yang menarik mata.

Di antara hotel yang menjadi pemondokan jamaah adalah Hotel Shrouq dan Hotel Isroq di Sektor IV yang terletak berdampingan. Di sini 8.000 jamaah akan menetap. Rumah makan Indonesia menjadi ciri yang menonjol.

Sekadar diketahui, petugas haji Indonesia membagi jamaah di Madinah menjadi 4 sektor. Sedang 4 sektor lainnya merupakan sektor khusus, yang tidak langsung mengurusi keseharian jamaah seperti pemondokan dan katering.

Jamaah gelombang I nantinya akan ditransfer ke Makkah mulai 11 Oktober guna menanti puncak haji yang diperkirakan dimulai 4 November.


(nrl/ken)
http://www.detiknews.com/read/2011/09/30/124917/1733931/10/jamaah-haji-sedunia-mulai-berdatangan-ke-tanah-suci

Tidak ada komentar:

Posting Komentar