Jumat, 04 November 2011

Tanggal 8 dzulhijjah (Tarwiyah)

1. Jika anda melakukan haji ifrad atau qiran, hendaklah anda berihram dari miqat yang anda lalui.
Apabila anda tinggal di daerah setelah miqat (antara miqat dan makkah), maka berihramlah dari tempat tinggal anda dengan niat haji yang anda inginkan.
Dan jika anda melakukan haji tamattu’, maka berihramlah untuk  umrah dari miqat yang anda lalui, dan berihramlah untuk haji dari tempat tinggal anda pada hari tarwiyah, yaitu hari kedelapan dari bulan dzulhijjah. Mandilah dan pakailah wangi-wangian terlebih dahulu jika memungkinkan, kemudian kenakanlah pakaian ihram, lalu berniatlah seraya membaca:
لَبَّيْكَ حَجًّا لَبَّيْكَ اَللَّهُمَّ لَبَّيْكَ. لَبَّيْكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ
“Kusambut panggilan-Mu untuk melaksanaan haji. Kusambut penggilanMu ya Allah. Kusambut panggilanMu, tiada sekutu bagiMu, Kusambut panggilanMu. Sesungguhnya segala pji, nikmat dan kerajaan adalah milikMu, tiada sekutu bagiMu.”

2. Kemudian keluarlah menuju Mina, lakukanlah shalat dzuhur, ashar, maghrib, Isya’, dan Shubuh di sana, dengan cara mengqashar shalat yang empat raka’at (Dzuhur, Asar dan Isya menjadi dua rakaat pada waktunya masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar