Senin, 08 Juli 2013

Petang Ini, Hilal Tak Terlihat di Solo

Senin, 08/07/2013 19:35 WIB
Muchus Budi R. - detikNews

Solo - Tim pengamatan yang diturunkan di Solo memastikan tidak melihat hilal (bulan muda) terbit di Solo, Senin (8/7/2013) petang. Hasil tersebut dilaporkan ke Kementerian Agama untuk bahan pertimbangan sidang itsbat malam ini.

Pengamatan hilal di wilayah Surakarta tahun ini dipusatkan di Observatorium Ponpes Modern Assalam, Pabelan, Sukoharjo. Pegamatan itu diikuti petugas Kantor Kemenag dari seluruh wilayah eks Karesidenan Surakarta, perwakilan pesantren dan juga masyarakat umum. Pengamatan itu merupakan salah satu dari 22 titik pengamatan yang dilakukan di seluruh Indonesia.

Dengan hasil pengamatan tim tidak melihat hilal. Pengasuh Observatorium Pondok Pesantren Modern Assalam, AR Sugeng Riyadi, menegaskan hasil tersebut akan langsung dilaporkan ke Kantor Kemenag di Jakarta untuk bahan pertimbangan sidang itsbat penentuan awal puasa yang dilakukan malam ini.

"Kemungkinan teman-teman yang melakukan pengamatan di lokasi lain juga belum melihat hilal petang ini. Dengan begitu kemungkinan bulan Sya'ban akan digenapkan hingga esok hari. Sedangkan untuk penentuan hari 1 Ramadan kami perkirakan akan jatuh pada hari Rabu," papar Sugeng Riyadi, Senin (8/7/2013) petang.

Sugeng mengatakan sesuai penghitungan secara teoritis memang ketinggian hilal pada petang hari ini masih dibawah setengah derajat dan tidak akan bisa dilihat. Demikian pula ketinggian hilan di Solo belum tampak dengan mata walapun matahari belum terbenam, karena posisi hilal sudah menyentuh Gunung Merbabu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar