Sabtu, 01 Oktober 2011

Menag Imbau Jamaah Haji Tak Mudah Percaya pada Orang yang Mau Membantu

Jakarta - Menteri Agama Suryadharma Ali mengimbau agar jamaah haji Indonesia selalu waspada dan hati-hati saat berad di tanah suci. Selalu saja ada orang yang berniat tidak baik dengan pura-pura menawarkan bantuan. Jamaah diimbau hanya percaya kepada petugas haji berseragam.

"Saya merasa prihatin kalau ada niat ibadah ke sana kemudian ada yang mengganggu, apalagi kalau yang menganggu itu saudara sendiri. Jadi itu sangat keterlaluan, oleh karenanya saya imbau kepada jamaah supaya tidak terlalu cepat percaya kepada orang-orang yang mau membantu," terang Menag di Monumen Pancasila Sakti, Sabtu (1/10/2011).

Diketahui bahwa kerap terjadi modus penipuan di mana justru warga Indonesia sendiri yang melakukan tindakan kriminal itu. Karenanya Menag meminta jamaah hati-hati.

"Memang bisa dipahami jamaah kan pasti sangat asing dengan Saudi Arabia, ketika ada yang mau bantu bawakan kopornya, bantu tunjukkan tempatnya, itu kan mereka merasa terbantu tapi ternyata bantuan yang diberikan adalah berupa penipuan. Mudah-mudahan tidak marak seperti dulu," terangnya.

Menag memberi solusi seandainya jamaah ingin mendapat bantuan sebaiknya mengontak petugas. "Tentu bantuan boleh mereka minta kepada petugas. Petugas sudah punya tanda pengenal, seragamnya," tegasnya.

(fjp/ndr)
http://www.detiknews.com/read/2011/10/01/181420/1734710/10/menag-imbau-jamaah-haji-tak-mudah-percaya-pada-orang-yang-mau-membantu?9922032

Tidak ada komentar:

Posting Komentar